BKPK Serahkan Donasi Bagi Korban Gempa Cianjur

323

Cianjur – Sekretaris Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Nana Mulyana menyerahkan donasi untuk para korban terdampak gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin, 28 November 2022.

Donasi diterima oleh perwakilan Pemerintah Kabupaten Cianjur  yaitu Sekretaris Dinas Kesehatan Yusman Faisal di Pendopo Bupati Kabupaten Cianjur.

Menurut Nana donasi yang diserahkan adalah uang tunai sebesar 20 juta rupiah dan natura senilai 8 juta rupiah berupa bahan makanan, popok bayi, dan pembalut wanita. “Donasi ini dihimpun dari para pegawai BKPK Kemenkes. Kami berharap dapat bermanfaat bagi para warga yang terdampak,” ujarnya.

Yusman Faisal menerangkan bantuan yang diterima telah didistribusikan bersama dengan relawan kepada sasaran. Pada pos pelayanan kesehatan, bersama relawan dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), petugas juga memastikan keamanan bantuan bantuan dengan memeriksa masa kadaluwarsa. Dengan menerapkan prinsip first in first out masalah kadaluwarsa dapat diminimalisir.

Baca Juga  BKPK  Gelar Workshop Enumerator dalam rangka Uji Coba SSGI Tahun 2022

Lebih lanjut Yusman menyampaikan stok obat-obatan masih mencukupi hingga tiga hari kedepan. Untuk menjaga ketersediaan obat pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Propinsi dan Kementerian Kesehatan. “Kami sudah bersurat untuk meminta obat-obatan berdasarkan penyakit terbanyak yang ditemukan di lapangan, yaitu ISPA, diare, hipertensi, diabetes, dermatritis, dan gastritis,” terangnya.

Selaku Koordinator Bidang Logistik Dede Sujana menerangkan hingga saat ini kebutuhan untuk warga terpenuhi dari donasi yang terus mengalir. Bantuan didistribusikan per kecamatan setiap hari. “Kami membatasi waktu pengambilan bantuan sampai jam 6 sore. Malamnya kami melakukan stock opname,”ujarnya. (Penulis Dian Widiati)