Dirjen Kesmas Sampaikan Amanat Menkes Untuk Sukseskan Transformasi Kesehatan

254

Jakarta- Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Maria Endang Sumiwi menyampaikan amanat Menteri Kesehatan bahwa tugas pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) adalah menyukseskan transformasi kesehatan.

“Karena ini kesempatan yang langka untuk dunia kesehatan diberikan waktu, diberikan kesempatan, dan diberikan resources untuk melakukan transformasi,” ucapnya di Kantor Kemenkes, pada Rabu (4/1).

Hal tersebut disampaikan Maria saat melantik 27 Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, para pejabat fungsional tersebut mengucapkan sumpah dan penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kartini Rustandi dan Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Mayang Sari.

Pejabat fungsional yang baru dilantik tersebut terdiri dari tujuh belas dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas), tiga dari Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal (Setjen), dan tujuh dari Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK).

Baca Juga  Indonesia Ajak Negara G20 Berinvestasi untuk Tuberculosis

Maria meminta kepada pejabat fungsional ahli madya yang baru dilantik menjadi panutan di tim kerjanya masing-masing. Menurutnya fungsional madya secara keahlian sebagai jabatan yang senior. “Untuk staf-staf senior di dalam tim kerjanya masing-masing, diharapkan menjadi panutan dan juga jadi pemberi semangat. Supaya transformasi ini bisa berhasil,” harapnya.

Lebih lanjut secara khusus Maria menyampaikan bahwa mandat Ditjen Kesmas adalah transformasi layanan primer. Ia mengatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang kompleks, karena layanan primer adanya di daerah dan yang menjalankan daerah.

“Padahal apa yang dilakukan di Kesmas harus sampai di masyarakat tapi instrumen bukan melulu punya kita, kendalinya tidak semua ada di kita,” ujarnya. Dengan demikian Maria meminta kepada pegawai Ditjen Kesmas untuk ke depan agar fokus memastikan semua layanan sampai di masyarakat.

Baca Juga  Pentingnya Perlindungan Pembiayaan Kesehatan Bagi Masyarakat

Ia juga menyampaikan bahwa tim kerja tidak hanya menjadi peserta dalam transformasi kesehatan, tetapi menjadi pemimpin. Untuk melakukan transformasi kesehatan layanan primer dibutuhkan perubahan di lapangan dan yang memimpin ada di tim kerja masing-masing. Sehingga dapat memberikan semangat ke seluruh Indonesia tidak hanya di dalam Kemenkes saja.

Meskipun pesan tersebut untuk staf Ditjen Kesmas, Maria berharap pesan tersebut berguna untuk semua peserta yang dilantik. “Jabfung madya yang baru dapat menularkan semangatnya kepada tim kerja, semoga yang saya sampaikan juga berguna untuk staf di BKPK dan Setjen,” ucap Maria menutup sambutannya.

Nama-nama dari BKPK yang dilantik kedalam jabatan fungsional yaitu:

  1. Luna Amalia sebagai Administrator Kesehatan Ahli Muda
  2. Zainal Umaaya sebagai Administrator Kesehatan Ahli Pertama
  3. Robiatun sebagai Pranata Laboratorium Kesehatan Mahir
  4. Devi Senja Ariani sebagai Administrator Kesehatan Ahli Muda
  5. Muhammad Noer Ibtidail Muharrom sebagai Administrator Kesehatan Ahli Muda
  6. Dewi Lestari sebagai Administrator Kesehatan Ahli Muda
  7. Reza Ginanjar sebagai Arsiparis Mahir (Penulis Faza Wulandari/Editor Fachrudin Ali)
Baca Juga  Menkes Lantik Syarifah Liza Munira Sebagai Kepala BKPK

.