InaRI Expo Platform Mengeksplorasi Jejaring Kemitraan Baru

331

Cibinong– Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI turut berpartisipasi dalam pameran riset dan inovasi “Indonesia Research & Innovation Expo 2022” (InaRI Expo 2022) yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pameran ini digelar di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat, dari 27-30 Oktober 2022. 

InaRI Expo merupakan pameran yang digelar secara periodik dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi karya anak bangsa. Tema yang diusung tahun ini adalah “Digital Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi.

Di bawah koordinasi BKPK, stand pameran Kementerian Kesehatan menampilkan berbagai produk inovasi dari unit eselon satu di lingkungan Kementerian Kesehatan. Di antaranya aplikasi Pedulilindungi, aplikasi Perizinan Distribusi Alat Kesehatan, Alkes Mobile, Whole Genome Sequencing di Indonesia, Sero Survei, Biomedical And Genome Science Initiative (BGSI), hasil Global Adult Tobacco Control 2021 dan hasil Global Youth Tobacco Survey 2019.

Baca Juga  Peran Advokasi dalam Mendukung Kualitas Kebijakan

Enam pilar transformasi kesehatan yang saat ini sedang diusung Kementerian Kesehatan turut ditampilkan. Hal itu bertujuan untuk membumikan transformasi di bidang kesehatan yang tengah dilakukan Kementerian Kesehatan ke masyarakat luas.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan InaRI Expo 2022 diharapkan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia. “Melalui InaRI Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan innovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut Tri Handoko menyampaikan pergelaran ini tidak hanya dimaksudkan untuk menjadi ajang pamer dari berbagai produk riset dan inovasi. Namun, juga sebagai platform agar seluruh pihak dapat berbagi, mengeksplorasi jejaring kemitraan baru, dan mendorong terjadinya kolaborasi dengan banyak pihak.

Baca Juga  Hadapi Masa Transisi, BKPK Jadi Role Model Baketrans

Diungkapkan Ketua Pelaksana InaRI Expo 2022 Irwadhi Marzuki, animo terhadap gelaran InaRI Expo 2022 sangat luar biasa. Ini dibuktikan dengan jumlah kepesertaan pameran yang mencapai 239 peserta.

Adapun dari kepesertaan tersebut terdiri dari perwakilan BUMN, perwakilan BUMD, ASIA-India Start Up Festival, perwakilan negara G20, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi, dan sekolah-sekolah setingkat SMP-SMA.

Sementara itu, tercatat sebanyak 151 orang pengunjung mendatangi stand Kementerian Kesehatan. Tak hanya mendapatkan pelayanan informasi, pengunjung juga mendapatkan buku terbitan LPB (Lembaga Penerbit BKPK) dan mengisi survei branding BKPK. (Penulis Ripsidasiona/Editing Fachrudin Ali)