Financial Intermediary Fund (FIF) dan Pengembangan Pengaturan Koordinasi Keuangan dan Kesehatan

165

Jakarta– Pertemuan kelima G20 Joint Finance and Health Task Force (JFHTF) Meeting diselenggarakan Kementerian Kesehatan secara hybrid di Jakarta, pada 30-31 Agustus 2022. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha berkesempatan menyampaikan sambutan kepada para delegasi yang hadir.

Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan Joint Finance and Health Ministers Meeting (JFHMM) pada bulan Juni 2022 dan pertemuan Menteri Keuangan pada Juli 2022. Pada dua pertemuan tersebut Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan menyepakati 2 fokus utama, yaitu Financial Intermediary Fund (FIF) dan pengembangan pengaturan kooordinasi yang ditingkatkan antara bidang keuangan dan kesehatan.

Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan telah memberikan panduan strategis memajukan pendirian FIF dan pengembangan pengaturan kooordinasi antara keuangan dan kesehatan untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respon atas pandemi.

Baca Juga  Studi Banding Mahasiswa Universitas Fort De Kock ke BKPK KEMENKES

“Progres yang signifikan telah dilakukan di dua area ini dalam beberapa bulan terakhir. Namun masih ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk meyakinkan bahwa kita telah memenuhi amanat pada November nanti. Kita hanya memiliki 1 kali pertemuan lagi setelah ini sebelum pertemuan gabungan Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan di November nanti,” ungkap Sekjen Kunta Wibawa.

Ada 4 agenda yang dibahas dalam pertemuan JFHTF kali ini. Pertama, update dari pemilihan Executive Head Secretariat JFHTF. Terpilih Laura Raimondo dari Italia untuk menggantikan Jakob von Weizsacker yang mengundurkan diri.

Kedua, diskusi lebih lanjut untuk mengembangkan pengaturan koordinasi antara keuangan dan kesehatan untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respon atas pandemi. Diskusi ini difasilitasi oleh WHO yang memberikan presentasi atas versi terbaru dari opsi pengembangan pengaturan koordinasi tersebut.

Baca Juga  Workshop Pendamping Tim Teknis, Persiapan SSGI 2022

Ketiga, update dari FIF untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respon atas pandemi yang disampaikan oleh Interim Secretariat FIF, termasuk di dalamnya isu-isu yang berkaitan dengan peran kooordinasi pusat WHO, tautan ke G20, inklusivitas dan pengaturan operasinya.

Agenda keempat adalah update dari G20 Health Working Group (HWG) serta rekomendasi untuk penggunaan pendanaan FIF.

Diskusi lebih lanjut atas pengembangan pengaturan koordinasi antara keuangan dan kesehatan dan langkah selanjutnya dari FIF akan dilakukan pada pertemuan JFHTF selanjutnya.

JFHTF atau satuan tugas bidang keuangan dan kesehatan dibentuk G20 bersama dengan komunike gabungan dalam pertemuan Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan G20 pada 29 Oktober 2021. JFHTF diketuai bersama oleh Presidensi G20 2021 dan 2022 yakni Italia dan Indonesia.

Baca Juga  25 Pejabat Fungsional dan PNS BKPK dilantik

JFHTF antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan dibawah G20 membentuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respon atas pandemi, membentuk sekretariat JFHTF, membentuk FIF, dan kolaborasi antar negara dalam akses vaksin, protokol kesehatan dan pendanaannya.

Pertemuan JFHTF diselenggarakan secara bergantian oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan. Pertemuan JFHTF pertama diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan pada 20 Desember 2021, dan pertemuan kedua diselenggarkan oleh Kementerian Keuangan pada 26 Januari 2022. Pertemuan ketiga oleh Kementerian Keuangan pada 21 Maret 2022, sementara pertemuan keempat diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan pada 18 Mei 2022. (Penulis Kurniatun K/Editor Fachrudin Ali)