BKPK Gembira Meriahkan HUT RI ke-78

322

Jakarta– Selasa (15/08), Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan RI mengadakan berbagai lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Bertempat di lapangan BKPK, pelaksanaan lomba diawali dengan Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Sub Bagian Administrasi dan Umum Sekretariat BKPK Joni Pahridi dilanjutkan dengan Sambutan dan Pembukaan oleh Sekretaris BKPK Nana Mulyana.

Dalam sambutannya, Nana menyampaikan selamat kepada seluruh warga BKPK yang akan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Nana juga menyampaikan terima kasihnya kepada para Kepala Pusat Kebijakan (Kapusjak) di lingkungan BKPK yang telah menggerakkan stafnya untuk mengikuti berbagai lomba.

Mengusung BKPK Gembira (Gelar Lomba Indonesia Merdeka), lomba yang diadakan BKPK hari ini terdiri dari Lomba Menyendok Uang dengan Sodet, Lomba Tari Kreasi, Lomba Karaoke, Lomba Peragaan Busana (BKPK Fashion Week), Lomba Tarik Tambang dan Lomba Tumpeng.

Baca Juga  Konsensus Plan of Action G20 Hadapi Pandemi Akan Datang

Setiap lomba memiliki syarat dan kriteria penilaian tertentu yang ditetapkan oleh panitia. Untuk lomba karaoke misalnya, lagu yang dibawakan telah ditentukan oleh panitia. Peserta lomba diminta untuk memilih satu lagu dari 5 pilihan yaitu lagu Tanah Airku, Rayuan Pulau Kelapa, Bendera, Berkibarlah Bendera Negeriku, atau lagu Indonesia Pusaka.

Untuk Lomba Peragaan Busana (BKPK Fashion Week) kostum yang dikenakan adalah pakaian adat dari daerah-daerah di Indonesia. Peraga busana adalah sepasang laki-laki dan perempuan dan diharuskan melakukan salam sapa sesuai pakaian adat yang digunakan.

Untuk lomba tari kreasi, tim terdiri maksimal 6 orang dengan kostum bebas tapi sopan dan dibolehkan memilih jenis musik latar dengan bebas. Kriteria penilaian untuk lomba ini adalah kreatifitas koreografi, kostum, kekompakan, keluwesan dan ekspresi.

Baca Juga  Wajah Organisasi Berubah, BKPK Lakukan Penyesuaian Klinik Pratama Badan Litbangkes

Untuk lomba tumpeng syaratnya adalah nasi dihias warna merah dan putih, harus mengandung unsur protein hewani, nabati dan sayuran, tampilan menarik serta bernuansa 17 Agustus.

Lomba-lomba di lingkungan BKPK ini diikuti oleh perwakilan dari Sekretariat BKPK dan semua satuan kerja dibawah BKPK yaitu Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan (Pusjak UK), Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan (Pusjak SKK-SDK), Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan (Pusjak PDK), dan Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan (Pusjak KGTK). Para Kapusjak dan AKAU di lingkungan satuan kerja BKPK juga turut hadir untuk memberi dukungan kepada staf dan anggota timnya.

Selain mengadakan lomba sendiri, BKPK juga turut berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan. Dengan misi mewujudkan Transformasi Internal, Kemenkes mengadakan berbagai perlombaaan dan pertandingan yang dapat meningkatkan keahlian dan kreatifitas para pegawai.

Baca Juga  Kemenkes Dorong Indonesia Mandiri Produksi Bahan Baku Obat Dalam Negeri

Lomba dan pertandingan yang diadakan Kemenkes terdiri 2 jenis yaitu lomba terkait cabang olahraga dan pertandingan seru yang melibatkan kreatifitas. Lomba terkait cabang olahraga terdiri dari bola basket, futsal, bulutangkis, menembak, panahan, fun run dan lari kardus. Sementara untuk pertandingan seru terdiri dari Kreasi Miniatur Sehat Buah dan/atau Sayur Lokal, Racing Sarung, Suap-Suap Pisang, Daripada Sirik Mendingan Sambung Lirik, Serok Cuan Sepuasnya, Teka Teki Tiki Taka, Terka – Terka Simplisia Jamu, Tarik Tambang Online, Kemenkes Fashion Carnival, Konten IG dan/atau Tik-Tok, serta Dekorasi Kantor. (Penulis Kurniatun K/Editor Timker KLI)