Indonesia, Tamu Kehormatan pada Pameran Sains dan Teknologi Internasional di Tiongkok

124

Mianyang, Sichuan RRT– Indonesia menjadi tamu kehormatan pada 11th China (Mianyang) Science & Technology City International High-Tech Expo di Kota Mianyang, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Pameran diselenggarakan pada tanggal 22-26 November 2023 dengan mengusung tema “Lead by Science and Technology—Innovation, Transformation, Open-up and Cooperation”. Dalam pameran tersebut Indonesia ditunjuk sebagai negara tamu kehormatan dalam rangka memperingati 10 tahun kerja sama strategis Indonesia dan Tiongkok dan merupakan salah satu tindak lanjut hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Xi Jinping di Chengdu bulan Juli lalu.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam kesempatan mengunjungi pameran menyampaikan, “Melihat sejarah, Tiongkok dan Indonesia telah menjadi saudara selama berabad-abad melalui aktivitas perdagangan, pertukaran budaya, dan diplomasi bilateral”. Berdasarkan data Bea Cukai China, sepanjang Januari – September 2023, total nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 103,21 miliar. “Dengan semangat komitmen dan solidaritas, kita akan mampu memperkuat kerja sama untuk memperjuangkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta mengundang masyarakat Tiongkok unutk berinvestasi pada kesehatan masyarakat Indonesia terutama pengembangan teknologi kedokteran Indonesia” ujar Menkes Budi dalam sambutan pembukaan Paviliun tanggal 22 November 2023.

Baca Juga  Dua Fokus Intervensi Penurunan Stunting untuk Capai Target 14% di Tahun 2024

Sore harinya, Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melakukan pertemuan bilateral dengan Cao Lijun, Anggota Komite CPC Provinsi Sichuan dan Sekretaris Jenderal CPC Kota Mianyang. Dalam kesempatan tersebut dibahas potensi kerja sama Indonesia dan Tiongkok, khususnya Provinsi Sichuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kunjungan kerja dilanjutkan pada hari berikutnya di Rumah Sakit (RS) Zhongshan di Shanghai merupakan salah satu RS terbaik milik Kemenkes RRT selain RS Militer. Delegasi Indonesia melihat adanya potensi kolaborasi untuk dokter indonesia belajar di RS tersebut melalui kerjasama antar business (B to B) maupun pemerintah (G to G).

Kunjungan hari terakhir ke China National GeneBank (CNGB) milik pemerintah RRT dan dioperasikan secara independen oleh BGI-Research di bawah bimbingan dan pengawasan State High-Tech Industrial Innovation Center, Shenzhen. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka kolaborasi Pengembangan National Gene Bank di Indonesia. (Penulis Sigit Purwonugroho, Pusjak KGTK/Edit Timker Humdatin)