Kemenkes dan Tsinghua University Bahas Mekanisme Implementasi Vaksin dan Genomika

309
Pertemuan delegasi Tsinghua University dengan Plt. Kepala BKPK sekaligus Dirjen Farmalkes Kemenkes di Jakarta (18/11)

Jakarta– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Rizka Andalucia menyambut delegasi Tsinghua University yang berkunjung ke Sekretariat Ditjen Farmalkes Kemenkes.

Kunjungan delegasi Tsinghua University dilakukan tanggal 18-20 November 2022. Kunjungan dilakukan dalam rangka Implementasi Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah RI dan Pemerintah RRT yang telah ditandatangani pada tanggal 26 Juli 2022.

Plt. Kepala BKPK saat memberikan sambutan (18/11) berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kerja sama penelitian dan pengembangan vaksin dan genomika karena telah menjadi salah satu bidang prioritas kerja sama ilmiah,

Kerja sama teknologi dan inovatif antara Indonesia dan RRT akan membantu untuk mempromosikan peningkatan kapasitas, kemampuan pengembangan serta untuk memperkuat ketahanan kerja sama kedua negara.

Baca Juga  Sosialisasi Standar Pelayanan Informasi Publik

“Pertemuan kita hari ini sangat baik karena dapat membangun jejaring sekaligus mendengarkan hal-hal penting yang ingin disampaikan oleh delegasi dari Tsinghua University, terutama terkait pengembangan vaksin dan genomika,” ujar Rizka.

Pertemuan delegasi Tsinghua University dengan Direktur SDM RSPI Sulianti Saroso (18/11)

Profesor Prof. Linqi Zhang dari Tsinghua University mengatakan (18/11), saat ini Tsinghua University sebagai Koordinator yang ditunjuk oleh Kementerian Sains dan teknologi RRT untuk melakukan penjajakan terkait kerjasama ini. “Karena itu, kami ingin melakukan penjajakan dan koordinasi dengan institusi tekait di Indonesia yang akan kami sampaikan ke RRT nantinya,” ujar Linki Zhang.

Profesor Prof. Linqi Zhang Tsinghua University mengatakan, saat ini Tsinghua University sebagai Koordinator yang ditunjuk oleh Kementerian Sains dan teknologi RRT perlu penjajakan terkait Kerjasama ini. “Karena itu, kami ingin melakukan penjajakan dan koordinasi dengan institusi tekait di Indonesia yang akan kami sampaikan ke RRT nantinya,” ujar Linki Zhang.

Baca Juga  InaRI Expo Platform Mengeksplorasi Jejaring Kemitraan Baru
Delegasi RRT melakukan kunjungan ke Laboratorium PT. Etana Biotechnologies Indonesia (18/11)

Melalui forum ini, Kemenkes memfasilitasi Institusi terkait untuk bertemu dan koordinasi langsung dengan Tsinghua University. Sebagai bentuk implementasi dari MoU, Kementerian Kesehatan RI menginisiasi penyelenggaraan pertemuan. Salah satunya melakukan kunjungan lapangan ke RSPI Sulianti Saroso, PT. Etana Biotechnologies Indonesia, Research Center For Virology And Cancer Pathobiology FKUI, serta BGSI (Biomedical And Genomic Sciences Initiative) di Gedung Ejkman RSCM. (Penulis Sigit Purwonugroho/Editor Fachrudin Ali)