Alih Kelola Jurnal BPK dan HSJI ke Poltekkes Kemenkes Palu

56

Jakarta– Sekretariat Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) menyelenggarakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengalihan Jurnal Buletin Penelitian Kesehatan (BPK) dan Jurnal Health Science Journal of Indonesia (HSJI) bersama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) Palu di Jakarta pada Jumat (28/6).

Dalam sambutannya Sekretaris BKPK Etik Retno Wiyati menyampaikan bahwa jurnal ilmiah memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ilmiah menjadi media untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan menjadi rujukan utama dalam kegiatan ilmiah. Seiring adanya peraturan baru, fungsi penelitian dan pengembangan kesehatan di unit utama Kementerian Kesehatan dihilangkan. Hal ini juga berdampak kepada jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola.

Menurut Etik akan sangat disayangkan jika jurnal-jurnal ilmiah tersebut berhenti diterbitkan. Oleh karena itu agar jurnal ilmiah yang tidak dapat dikelola oleh BKPK ini dapat tetap terbit dan bermanfaat, maka perlu dialihkan ke pihak lain seperti institusi pendidikan. Jurnal ilmiah ini dapat dimanfaatkan sebagai media publikasi ilmiah bagi dosen, mahasiswa maupun masyarakat.

Baca Juga  DWP BKPK Lakukan Pendampingan Penataan Arsip Keluarga

“Dengan pengalihan ini kami mengharapkan jurnal-jurnal tersebut dapat terus melayani komunitas akademik dan penelitian sebagai platform publikasi yang kredibel. Jurnal-jurnal ini nantinya juga akan berkontribusi pada kemajuan penelitian dan pengembangan kesehatan di Indonesia,” ujar Etik.

Etik juga mengharapkan dengan dikelolanya Jurnal BPK dan HSJI oleh Poltekkes Kemenkes Palu, maka akan terjadi kesinambungan penerbitan dan kebermanfaatan jurnal dalam rangka diseminasi dan pengembangan ilmu pengetahuan bidang kesehatan. Kedepan data dan informasi yang diterbitkan dapat dijadikan sebagai dasar bagi penyusunan kebijakan pembangunan kesehatan.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palu Iskandar Faisal dalam kesempatan ini menyampaikan rasa terima kasihnya pada BKPK yang telah merespon baik permintaan pengalihan pengelolaan jurnal yang diajukan Poltekkes Palu. Faisal juga menyampaikan harapannya akan masa depan kedua jurnal tersebut.

Baca Juga  Vaksinasi Booster di Kawasan BRIN Pasar Jumat Berlangsung Lancar

“Terima kasih kepada BKPK yang sudah menyerahkan 2 jurnal pada kami, yaitu Buletin Penelitian Kesehatan dan Health Science Journal of Indonesia. Kami menyadari bahwa mengelola sebuah jurnal tidaklah mudah, terlebih BPK dan HSJI telah memiliki kredibilitas yang tinggi. Harapan kami semoga kedua jurnal tersebut dapat lebih bagus lagi dan meningkat kualitasnya dibawah pengelolaan kami,” ujar Faisal.

Faisal juga mengungkapkan setelah ini Poltekkes Palu akan melakukan pendanaan dan perencanaan agar jurnal-jurnal tersebut dapat terus berjalan. Masukan dan saran dari BKPK dalam pengelolaan kedua jurnal tersebut juga Faisal harapkan demi peningkatan kinerja Poltekkes Palu.

Jurnal BPK dan HSJI adalah dua jurnal ilmiah yang telah terakreditasi Sinta 2 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kedua jurnal tersebut juga sudah terindeks di berbagai lembaga pengindeks, baik nasional maupun internasional seperti Directory of Open Access Journal, Dimensions, Sinta, Open Academic Journals Index, dan Google Scholar. (Penulis Kurniatun Karomah/Edit Timker HDI)