Kunjungan Bank Dunia ke Puskesmas Setiabudi

217

Jakarta– Senin (20/11), Puskesmas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan menerima kunjungan perwakilan Bank Dunia. Tujuan kunjungan kali ini adalah untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan yang didukung oleh portfolio Program Nutrisi dan Kesehatan Bank Dunia Indonesia di Puskesmas serta memahami proses yang dilakukan selama ini. Selain itu juga untuk memahami akses terhadap layanan kesehatan primer, pemanfaatannya dan tantangan yang dihadapi melalui interaksi dengan penerima manfaat dan petugas kesehatan.

Perwakilan Bank Dunia yang berkunjung adalah Alberto Rodriguez (Direktur Regional Pembangunan Manusia Wilayah Asia Timur dan Pasifik), Achim Daniel Schmilen (Pimpinan Program Pembangunan Manusia Wilayah Indonesia dan Timor Leste), Ronald Upenyu Mutasa (Manajer Praktik Kesehatan, Nutrisi dan Populasi wilayah Asia Timur dan Pasifik), dan Somil Nagpal (Spesialis Kesehatan Senior dan Pimpinan Klaster Program Nutrisi dan Kesehatan Wilayah Indonesia dan Timor Leste).

Baca Juga  Apresiasi terhadap Sosok Inspiratif Kesehatan Indonesia

Kepala Puskesmas Kecamatan Setiabudi, Gafar Hartatiyanto menyambut kedatangan tamu didampingi beberapa staf. Tinjuan dimulai dari ruang layanan 24 jam dan gawat darurat, selanjutnya rombongan mengarah ke Ruang Persalinan sebagai bagian dari layanan Ibu dan Anak. Sembari menggali informasi mengenai layanan ini, para tamu menyempatkan melihat layanan USG dan ruang pemeriksaaan ibu hamil.

Para tamu juga mengunjungi layanan imunisasi dan layanan konsultasi gizi. Disini, para tamu menanyakan apakah vaksin tersimpan dengan baik, bagaimana pelaporannya, dan seperti apa laporannya di aplikasi SMILE. Sementara di klinik gizi, perwakilan Bank Dunia menanyakan penanganan stunting sebagai satu kordinasi. dr. Prisiana selaku Pelaksana Tugas Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas menjelaskan dengan lengkap setiap pertanyaan yang diajukan.

Baca Juga  Apresiasi Tinggi Bagi Kader Pendamping SSGI 2022

Terkait layanan imunisasi, para tamu mendapatkan penjelasan dari dr. Utami Wulandari bahwa Puskesmas Kecamatan Setiabudi melaksanakan imunisasi dasar lengkap, HPV dan rencananya ada tambahan Rotavirus di tahun ini.

Rombongan menyempatkan melihat aplikasi PCare yang dijalankan Puskesmas. Sambil melihat cara kerja aplikasi tersebut, para tamu menanyakan jumlah warga yang dilayani Puskesmas Kecamatan Setiabudi.

Pengelolaan kegiatan dan pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas juga dijelaskan dengan lengkap seperti cara melakukan screening penyakit tidak menular dan pelaksanaannya di lapangan.

Puskesmas Kecamatan Setiabudi memiliki gedung empat lantai dan pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain layanan ISPA, layanan TBC dan kusta, pemeriksaan penyakit tidak menular, kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan lansia, pemeriksaaan kesehatan jiwa dan psikologi. (Penulis KK)