Melalui Transformasi, Bersama Kita Maju

163

Jakarta– Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengadakan townhall mengikutsertakan pimpinan dan pegawai bertajuk “Melalui Transformasi, Bersama Kita Maju”. Acara dihelat Jumat (1/12). Hadir Kepala BKPK Syarifah Liza Munira dan Sekretaris BKPK Nana Mulyana beserta seluruh Kepala Pusat.

Nana Mulyana dalam laporannya menyampaikan bahwa acara townhall internal ini baru pertamakali diadakan. “Kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahmi dan memperkokoh komitmen kita sebagai bagian dari Kemenkes dalam melaksanakan transformasi kesehatan,” ungkap Sekretaris BKPK. Penggunaan baju putih dan celana jeans menurut Nana melambangkan semangat kerja tulus dan ikhlas sekaligus menunjukkan keleluasaan dalam bekerja. Dalam acara ini akan ada dialog antara pimpinan dan pegawai, penyampaian program para Champions BKPK dan pemilihan pegawai BKPK yang akan menerima penghargaan Hero Of The Month.

Pada sesi Leader’s Talk, Kepala BKPK menyatakan senang sekali adanya acara ini. Ditengah kesibukan dengan segala aktifitas dan rapat, masih dapat menyelenggarakan kegiatan ini. “Ini juga bukan yang terakhir,” jelas Liza Munira.

Baca Juga  Sekretaris BKPK Membuka Secara Resmi Lomba Jakarta Laser Run 2022

Liza menjelaskan sudah banyak capaian yang dihasilkan BKPK hingga saat ini. Antara lain mengawal pembahasan rancangan UU Kesehatan dimana BKPK ditugaskan untuk quality control dan clearing house sebelum ditetapkan. Hingga saat ini masih terus berproses pembahasan rancangan turunan Undang-undang Kesehatan tersebut.

Selanjutnya melakukan survei untuk melihat capaian pembangunan kesehatan. “Tahun lalu ada SSGI,” terang Liza. Tahun ini sedang bekerja keras bersama unit-unit di daerah menyelesaikan Survei Kesehatan Indonesia (SKI).

BKPK pada tahun 2022 juga melakukan Serosurvei yang digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan untuk mengakhiri PPKM dan transisi dari pandemi Covid-19 ke endemi. Pada bulan Oktober 2023 juga meluncurkan portal layanan data yang hasil datanya dapat didigunakan oleh para peneliti dan pakar.

Baca Juga  BKPK  Gelar Workshop Enumerator dalam rangka Uji Coba SSGI Tahun 2022

Capaian lainnya adalah melaksanakan Townhall Pilar Pembiayaan Kesehatan dimana BKPK merupakan penanggung jawab dari pilar transformasi ini. BKPK juga sukses melaksanakan pertemuan internasional yaitu pertemuan tingkat pejabat senior dan Menteri Kesehatan G20 tahun 2022 dan Menteri Kesehatan ASEAN tahun 2022 dan tahun 2023.

Kepala BKPK menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi semua pegawai dalam melaksanakan transformasi Kesehatan. “Ini tidak mudah,” terangnya lebih lanjut. Karena BKPK merupakan organisasi yang baru, banyak mengalami perubahan termasuk pegawai yang mengalami perubahan.

Sebagai tugas dari BKPK, Liza Munira berharap BKPK tidak hanya menghasilkan rekomendasi kebijakan namun mengawal dan memastikan bahwa rekomendasi kebijakan tersebut harus menjadi kebijakan yang keluar dari Kemenkes  untuk memenuhi kepentingan masyarakat.

Baca Juga  Penguatan Anggaran Kesehatan Berbasis Kinerja Melalui UU Kesehatan

Dalam rangka mewujudkan transformasi kesehatan diperlukan kerja keras dari semua pegawai namun tidak boleh mengorbankan kesehatan. Diperlukan work-smart dan work-life-balance agar  mampu bekerja dengan efektif, efisien, dan berkualitas. Oleh sebab itu BKPK menyiapkan berbagai fasilitas untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan olahraga.

Dalam kesempatan townhall ini juga diberikan penghargaan Hero Of The Month kepada Miko Hananto (Pusat Kebijakan Kesehatan Global dan Teknologi Kesehatan), Ida Susanti (Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan), Muhammad Karyana (Pusat Kebijakan Upaya Kesehatan), Joko Purnomo (Sekretariat Badan), serta Dwi Antasari (Pusat Kebijakan Pembiayaan dan Desentralisasi Kesehatan). Acara ditutup dengan pentas seni dan hiburan musik. (Penulis Fachrudin Ali/Edit Timker Humdatin)