Menkes Berpesan Atur Pola Makan dan Olahraga

249

Jakarta– Festival Ayo Sehat menjadi salah satu rangkaian perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang diadakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes). Acara digelar di area Stadion Akuatik Gelora Bung Karno selama dua hari hingga tanggal 12 November 2023. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuka acara ini secara resmi pada Sabtu (11/11).

Kegiatan diisi dengan berbagai acara yang dikemas meriah dan menarik. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya Family Gathering Kemenkes, Pameran Mini Museum dan Talkhow Kebijakan Penanggulangan Covid 19  dan Implementasinya, 5.9 Healthies Fun Run, Skrining Kesehatan, Senam Jantung, Senam Kardio, Jambore Kader Posyandu, Stand Up Komedi, Demo Masak, Drama Musical, Potluck Sehat, dan banyak kegiatan lainnya.

Baca Juga  Tantangan Lembaga Penerbit BKPK Hadapi Kebijakan Single Account

Festival Ayo Sehat diadakan sebagai ajang untuk edukasi masyarakat bahwa hidup sehat sangatlah penting. Festival Ayo Sehat dibagi dalam beberapa zona yaitu zona ibu hamil dan ibu menyusui, zona bayi dan balita, zona anak, zona remaja, zona dewasa, zona lanjut usia, dan zona olahraga

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Maria Endang Sumiwi menjelaskan Festival Ayo Sehat digelar dengan pendekatan siklus hidup manusia yang dimulai dari ibu hamil dan ibu menyusui, bayi dan balita, anak, remaja, usia dewasa, dan lanjut usia.

“Ini yang mendasari Ayo Sehat Festival, supaya setiap orang Indonesia dapat melalui tiap tahap kehidupannya dengan sehat,” tutur Maria Endang Sumiwi.

Baca Juga  Peran Penting Pranata Humas Sebagai Ujung Tombak Penyampai Informasi

Setiap zona menyuguhkan kegiatan tersendiri yang sesuai dengan fase kehidupannya. Misalkan pada zona ibu hamil dan menyusui ada pemeriksaaan kehamilan dan pemeriksaan menggunakan alat USG, sementara zona kebugaran mengadakan berbagai kelas kebugaran

“Acara dan pemeriksaan kesehatan ini semuanya terbuka untuk umum dan gratis,” terang Maria.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya menyampaikan hidup sehat jauh lebih baik, maka itu sangat perlu menjaga kesehatan. Hidup sehat itu mudah, cukup dengan mengatur 2 hal yaitu atur pola makan dan olahraga.

“Dalam agama saya, diajarkan sebelum kenyang harus berhenti makan dan berolahraga 30 menit dalam sehari, 5 kali dalam seminggu sampai kita wafat,” Kata Menkes Budi.

Baca Juga  Dua Fokus Intervensi Penurunan Stunting untuk Capai Target 14% di Tahun 2024

Menkes juga berpesan ke seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan bukan hanya kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental.

“Kesehatan mental sedang tren, jangan lupa untuk senang-senang, dengerin musik, ngobrol dengan keluarga, dan juga rajin olahraga supaya jiwanya juga sehat,” pesan Menkes Budi.

Festival Ayo Sehat melibatkan 56 mitra mulai dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah daerah, dan media untuk berperan aktif dan berkolaborasi dalam memberikan dorongan promosi gaya hidup sehat. Setidaknya ada sebanyak 116 aktivitas selama festival berlangsung dua hari ini. (Penulis KK).