Peringati HKN ke-59, Kemenkes Adakan Ziarah dan tabur Bunga ke Makam Mantan Menkes Endang

289

Jakarta— Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan kepanitiaan oleh Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) bersama Inspektorat Jenderal dan Biro Umum Kemenkes menyelenggarakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga untuk Mantan Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH. di TPU San Diego Hills Karawang, pada Kamis (2/11). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023.

Sekretaris BKPK Nana Mulyana mengatakan upacara ziarah dan tabur bunga dilakukan di makam para Pahlawan Kesehatan yang dipandang telah berjasa dalam pembangunan Kesehatan. “Tidak terasa sudah 11 tahun berlalu almarhumah dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, salah satu orang terbaik pergi mendahului kita,” tutur Nana.

Baca Juga  Menkes Sampaikan Dua Pesan Kesehatan dalam Upacara HKN Ke-58

Lebih lanjut, Nana mengatakan sebagai orang yang beriman, sudah sepantasnya kita wajib ziarah dan mendoakan Ibu Endang. Nana mengatakan pemimpin atau orang tua wajib dihormati. “Apalagi beliau senior dan pemimpin kita,” katanya.

Kegiatan seperti ini dilangsungkan satu kali setahun dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Khusus tahun ini, semua mantan Menteri Kesehatan yang dianggap berjasa di Kemenkes dilakukan prosesi ziarah dan tabur bunga.

Nana mengungkapkan keyakinan dan optimismenya, kedepannya Kemenkes dan warganya lebih baik. Apalagi di era belajar dari Covid-19, ada loncatan teknologi dan Iptek yang sangat cepat. Tentunya, kita harus merespon ini dengan sebaik-baiknya.

Sekretaris BKPK mengajak peserta ziarah untuk banyak beribadah dan berharap dalam kehidupan beragama dapat direfleksikan dalam kehidupan pekerjaan menjadi lebih baik lagi. “Niatkan bekerja adalah ibadah dan ikhlas sehingga energi positif akan keluar,” jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga  Indonesia Pimpin G20 Susun Kebijakan Kesehatan Global

Dalam kesempatan ini suami almarhumah, Reanny Mamahit sebagai perwakilan keluarga menyampaikan terimakasih atas kehadiran peserta ziarah dan tabur bunga.  Menurutnya acara ini tiap tahun dilakukan.

“Saya kagum sekali dengan situasi ini. Bahwasanya, kita bisa menghormati jasa para pemimpin yang telah mendahului kita. Tentunya, hal ini dalam kehidupan pribadi saya begitu mengharukan,” tutur Mamahit.

Acara dihadiri perwakilan pimpinan dan staf BKPK, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta III. (Penulis Fachrudin Ali/Timker KLI)