Semarak Pameran HKN 2023

598

Hari kedua penyelenggaraan Pameran Inovasi dan Teknologi Kesehatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2023 berlangsung meriah. Selain menampilkan booth yang memamerkan berbagai produk dan inovasi di bidang kesehatan, diadakan acara talkshow mengangkat berbagai topik kesehatan. Hal ini sebagai media edukasi bagi masyarakat.

Terlihat sejumlah booth dipenuhi kerumunan pengunjung yang ingin mendapat informasi mengenai produk instansi/industri tertentu ataupun berpartisipasi dalam kuis yang ditawarkan penyelenggara. Salah satu yang menarik kerumunan pengunjung adalah booth Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK).

Dalam pameran yang bertajuk “Melesat Maju Menuju Resiliensi Kesehatan”, BKPK menampilkan informasi mengenai Transformasi Pembiayaan Kesehatan, Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023, Hasil Serosurvey Tahun 2023, Hasil SSGI tahun 2022 dan Kepemimpinan Indonesia dalam KTT ASEAN 2023 bidang kesehatan.

Baca Juga  Calling All Genomics Enthusiast

Untuk mengenalkan lebih dalam BKPK pada masyarakat, booth BKPK mengadakan kuis yang berisi informasi terkait tugas, fungsi dan hasil kinerja BKPK. Kuis diadakan dalam bentuk pertanyaan yang disediakan dalam box dan melalui layar monitor. Setiap peserta yang berhasil menjawab pertanyaan atau memenangkan kuis kahoot akan mendapat suvenir.

Tercatat ratusan pengunjung dari masyarakat umum yang berasal dari wilayah Jakarta, Depok, Bogor dan Tangerang mengisi daftar tamu dan berpartisipasi dalam kuis. Sebagai persyaratan partisipasi dalam kuis, pengunjung diminta untuk vote BKPK sebagai booth favorit dan mengikuti kanal media sosial BKPK.

Booth BKPK berada di jajaran unit utama Kemenkes dan industri kesehatan. Sejumlah booth terlihat berlomba-lomba untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung dengan mengadakan kuis yang menawarkan berbagai suvenir yang menarik.

Baca Juga  Kemenkes Memanggil Talenta di Universitas Brawijaya

Selain itu, beberapa booth juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaaan mata, pemeriksaan gula darah, pemeriksaaan kepadatan tulang, terapi akupunktur, deteksi dini penyakit tidak menular, deteksi dini kardiovaskular menggunakan NIVA, deteksi dini kanker serviks dengan IVA dan DNA HPV, deteksi dini kanker payudara menggunakan USG, unit mobile mamografi, dan donor darah. Kegiatan pameran diikuti oleh unit-unit utama Kemenkes, satuan-satuan kerja dibawah Kemenkes, sejumlah kementerian/lembaga lain, perguruan tinggi, dan pelaku industri. Dalam kesempatan ini diadakan pula pemberian penghargaan pada beberapa dinas kesehatan dan rumah sakit serta pemberian penghargaan Karya Anak Bangsa kepada inventor, industri dan start-up company di bidang farmasi dan alat kesehatan. (Penulis Kurniatun K)